Selamat menjadi duta bangsa anakku

Merupakan suatu kebanggaan tersendiri melihat Anindita Rustandi menjadi yang terpilih untuk mengikuti ajang Internasional ini. Semoga menjadi hal yang terbaik untukmu Dita, InsyaAllah.

 

Ilmenau University of Technology merupakan salah satu institusi pendidikan di Jerman yang menghimpun mahasiswa di lebih dari 300 negara di dunia untuk berpartisipasi dalam hal pelestarian budaya, diskusi ilmiah, dan pembangunan networking antar sesama pelajar di negara yang berbeda. Kegiatan ini dikemas dalam sebuah konferensi yang dinamakan International Student Week in Ilmenau”. Konferensi mahasiswa terbesar di Jerman ini diadakan setiap 2 tahun sekali dengan topik utama yang berbeda-beda setiap pelaksanaannya. Konferensi yang diselenggarakan oleh mahasiswa dan bagi mahasiswa ini dimaksudkan untuk melatih mahasiswa menganalisis secara mendalam mengenai isu yang terjadi saat ini di negeri masing-masing maupun di dunia terkait dengan topik utama yang dipilih tersebut.

 

Analisis ini dilakukan dengan bekerja kelompok, diskusi, serta pidato dan perdebatan selama kegiatan berlangsung dan dihadiri pula oleh para pakar dan ahli terkenal yang bertujuan mendukung diskusi berdasarkan pengalaman pribadi, pengetahuan, dan ide pribadi mereka. Tidak hanya itu, di konferensi ini para peserta diberikan waktu tersendiri untuk memperkenalkan organisasi atau institusi tempat mereka berkecimpung terkait dengan penyelesaian masalah global yang ada, juga presentasi ilmiah tentang proyek besar mereka di negara masing-masing terkait dengan topik utama yang telah dipecah dalam topik diskusi yang berbeda-beda.

Iswi WebsiteDita's blog.

New Flower



Kegiatan ini diharapkan dapat membawa banyak orang yang berbeda secara bersama-sama untuk membahas berbagai masalah yang bervariasi, untuk berpikir tentang solusi dan untuk menerjemahkannya ke dalam tindakan. Untuk melengkapi konferensi ini terdapat pula program budaya termasuk Internasional Brunch dan beberapa konser musik serta acara penampilan budaya lainnya.

 

Merupakan suatu kebanggaan besar bagi saya jika mampu mewakili Universitas Indonesia pada khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam acara bergengsi tersebut. Manfaat besar yang dapat diperoleh dari program ini adalah pengembangan kemampuan mahasiswa teknik dalam hal teknologi dan akademik ketika perkenalan organisasi dan presentasi proyek, pergaulan internasional juga pelestarian serta perkenalan budaya Indonesia kepada dunia ketika momen festival budaya internasional.

Dan sekembalinya dari konferensi ini, hasil diskusi yang dirumuskan dalam bentuk tindakan dapat diperankan di masing-masing kegiatan asal peserta sehinga peserta mampu berperan sebagai multiplier effect yang memberikan manfaat dalam pembangunan peran aktif mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari.  Saya berharap apa yang saya dapatkan akan bermanfaat bagi pengembangan capacity building terutama untuk para mahasiswa, karena saya percaya bahwa sebagai calon pemimpin masa depan maka saya dan mahasiswa lainnya harus senantiasa meningkatkan pengalaman dan kapabilitas pendidikan. Oleh karena itu, partisipasi Bapak/Ibu akan sangat berarti bagi keikutsertaan saya dalam program ini. Saya sangat menghargai peran serta Bapak/Ibu dalam membangun generasi emas penerus kepemimpinan bangsa di masa depan.                                                                                                                                                                                   

Tujuan

 1.     Mempelajari dan menganalisa situasi isu global di tiap negara yang dikemas dalam topik utama secara umum dan topik diskusi secara khusus untuk merumuskan tindakan solutif bagi masing-masing peserta.2.     Memperkenalkan organisasi, aktifitas proyek dari para peserta dengan visi yang sama sesuai dengan topik utama yang ada. 3.     Memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya Indonesia di ajang internasional dan mempelajari budaya negara lain dalam festival  budaya.

 Tema Kegiatan dan Peserta

 Tema ISWI 2011 kali ini yakni:Crossing BordersTema atau topik utama tersebut kemudian dibagi kedalam 10 work group topic dengan deskripsi yang berbeda-beda satu sama lain, namun tetap mengacu kembali pada topik utama tersebut. Peserta kegiatan yang berasal dari lebih 120 negara di dunia dengan 70 kewarganegaraan yang berbeda-beda diminta memilih 3 work group topic dan mengirimkan essay sebagai syarat seleksi. work group topic yang ada antara lain sebagai berikut:

1.   Philosophy and History of Freedom
2.   Meeting of Basic Needs
3.   Freedom and Politics
4.   Freedom and the Economy
5.   Freedom and Society
6.   Education and Science
7.   Freedom and the Environment
8.   Media and Communication
9.   Freedom in the Arts
10. Documentation 

Dari ketiga work group topic yang dipilih, kemudian peserta harus menjawab pertanyaan essay yang ada sebagai berikut:
1.       Why are you interested in the topic you choosed (experiences, visions, ….)? What are your personal connections to the topic?
2.       Please tell us, why we should invite you to participate!
3.       What came to your mind you first read uor motto ISWI: “Crossing Borders”? 

Berdasarkan essay yang dibuat atas pemilihan 3 work group topic, yakni: Freedom and environment, Meeting of Basic Needs, dan Freedom and religion, saya terpilih menjadi salah satu peserta ISWI 2011 yang akan menampilkan pula presentasi proyek terkait dengan salah satu dari 3 work group topic tersebut.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

 Waktu pelaksanaan                             : 13 – 22 Mei 2011Tempat pelaksanaan                            : Ilmenau University of Technology, Ilmenau, Jerman.Agenda kegiatan                  Berikut adalah rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan sepanjang konferensi berlangsung: 

Waktu Kegiatan
Jumat, 13 Mei 2011 Kedatangan dan registrasi ulang peserta di Mensa
Sabtu, 14 Mei 2011 Sports event, kuliah umum*) dan Get-to-know-party
Minggu, 15 Mei 2011 International Brunch., kuliah umum, ISWI 2011 Opening Ceremony
Senin, 16 Mei 2011 Group work 1, Festival budaya dan olahraga (tema: Crossing Bo[a]rders)
Selasa, 17 Mei 2011 Group work 2, Open Air Concert
Rabu, 18 Mei 2011 Group work 3, pertemuan sesuai tema: “A Long Path to Freedom
Kamis, 19 Mei 2011 Thuringia Experience Day (pendakian gunung sekitar Hutan Thuringian), movie night
Jumat, 20 Mei 2011 Group work 4, Festival Medieval “The Dark Ages of Freedom”
Sabtu, 21 Mei 2011 NGO-Fair dan Workshop day, Closing Ceremony di Audimax
Minggu, 22 Mei 2011 Keberangkatan pulang

 Dalam group work yang sudah diseparasi ke masing-masing work group topic, saya akan mempresentasikan mengenai proyek saya yang erat kaitannya dengan topik “Freedom and environment” maupun “Meeting of Basic Needs” yakni Studi Pengelolaan Limbah Padat Di Kawasan Universitas Indonesia dan Usaha Pemanfaatannya Bagi Pemrosesan Akhir TPA Cipayung  sebagai Cover Soil. Sedangkan untuk topik “Freedom and religion” akan ditampilkan presentasi mengenai Pluralisme 5 Agama di Indonesia beserta contoh kasus yang ada. 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *