PKBM Outdoor Ciseeng

 

Ambil bola

 

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ciseeng adalah penyelenggara outbound ini, terletak agak jauh dari pusat kota, bisa di akses melalui serpong atau dari Parung, Bogor.

Permainan cukup beragam dan untuk berkelompok. Dari mulai permainan di lapangan, di danau, di tali titian, memanjat tali, flying fox dan berakhir dengan pengenalan menanam padi untuk anak.

Dimulai dengan senam yang di pandu oleh ’Brigade
Pelita Desa’, kelompok yang bertugas memandu kelompok kita untuk ber outbound. Kemudian dilanjutkan dengan ber basah-basah dengan lomba mengisi tabung yang di isi bola. Diharuskan mengeluarkan bola tersebut dengan mengisi air dari danau, sampai tabung penuh dan mengeluarkan bolanya, yang sayangnya tidak begitu mudah karena tabung dan ember pengisi telah dilubangi. Disini dibutuhkan kerja kelompok untuk menutup lubang dan bersegera mengisi tabung.

Isi Tabung
Yang paling seru mungkin permainan di danau, dari berlomba memakai rakit bambu, yang rupanya sulit juga untuk mengarahkan rakit dengan dua orang pengayuh, kemudian mengambil bola yang di ikat cukup tinggi memakai tangga satu bambu dan harus dipegang bersama satu kelompok. Seru!   

Panjat Bambu

Lomba Perahu

Dari permainan di danau dilanjutkan dengan memanjat pohon agak besar yang tersedia tali titian, ruas pertama dengan tiga buah tali, dua tali untuk berpegang dan satu tapi untuk meniti. Ruas kedua untuk sampai ke tempat flying fox, dengan dua tali, satu tali untuk berpegang dan satu tali untuk meniti. Tidak semua orang bisa dan berani.

Titian

Acara permainan yang ditunggu tunggu oleh anak-anak dan dewasa adalah flying fox. Lumayan tinggi dan panjang. Rupanya tidak semua anak langsung berani menghadapi tantangan ketinggian dan meluncur dengan perpegangan tali. Rupanya ada juga yang harus ber ’tandem’ dahulu, kemudian baru merasakan nikmatnya meluncur dan akhirnya bisa meyakininya, sehingga minta untuk mengulang berkali-kali.
Flying Fox

Flying Fox

Acara selanjutnya untuk anak-anak adalah menangkap ikan di kolam. Kolam yang diisi air hanya setinggi cukup untuk ikan tersebut dibenamkan sejumlah kira-kira 30 ekor ikan emas sebesar telapak tangan orang dewasa. Anak anak dari yang cukup besar sampai yang kecil dengan senang hati ber basah-basah dan menangkap dan memasukannya ke kantong plastik dan akhirnya di taruh di bejana besar. Sunggu Asyiik.

Tangkap Ikan

Setelah puas berbasah-basah, tibalah saatnya untuk istirahat siang dan menikmati makan siang yang disediakan. Menunya cukup okeh,,,ada ikan asin dan ikan goreng serta lalaban. Berhubung kelapa sebagai minuman standar sedang jarang diperoleh pada waktu itu, sebagai gantinya diberikan soft drink. Weh,,,,tidak pas ya. Makanan terlihat berlebih walaupun permintaan makanan awal dan yang datang sesuai.

Lunch

Sebagai acara pamungkas sebelum pulang, hanya diisi untuk anak-anak. Mereka diajak untuk mengenal bagaimana menanam padi, bagaimana menuai padinya sampai menjadi beras. Setelah puas melihat, mereka diberikan seuntai pohon padi dan padinya.

Semuanya terlihat puas, sehabis Johor kita berfoto-foto dulu sekeluarga besar dan pulang dengan membawa kenangan yang sungguh menyenangkan.

Peta/Map menuju kesana Alhamdulillah bisa di lihat di:
http://bp0.blogger.com/__Xp70IdmeU4/SIE3EY30d0I/AAAAAAAAANk/4UYGBrq0G64/s1600-h/Peta+PKBM+YPI+Ciseeng.jpg

Terima kasih untuk rekan saya pak Antoni http://pintu-dan-jendela.blogspot.com/ yang telah bersusah payah untuk mengerjakannya.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *