Redmine

Sebulan ini mencari sebuah aplikasi manajemen proyek yang cukup handal, tidak perlu banyak 'features' yang tidak perlu, tetapi fungsional.  Issue (pekerjaan), 'ticketing',  manajemen kontrol dari 'source' untuk biaya atau sumberdaya, serta ada gantt Chart dan Calendarnya. Perlu ada juga manajemen user dan role nya. Dan yang tidak kalah penting tanpa biaya alias gratis, ini yang susah :-D.

Rupanya saya beruntung, karena setelah mencari ke mbah google ada beberapa yang di review dan pilihan jatuh kepada 'Redmine'. Aplikasi 'open source' manajemen proyek yang cukup fleksibel, berbasis web, memakai 'Ruby' dalam kerangka aplikasi 'Rails'.

Pada waktu install, Redmine 'stable' yang dipakai adalah versi 1.1.2 (2011-03-07) yang bisa di unduh di sini.

Cara instalasi untuk ke mac, mac server, linux, unix, windows bisa di cek di halaman yang cukup lengkap dan detail di 'HowTos' dan spesifik 'Requirement' yang diperlukan. Ada beberapa demo yang bisa di lihat, diantaranya demotest ini.

Update, plugins dan 'feature' baru sangat banyak bermunculan menandakan komunitas yang cukup solid dan banyak. Sampai saat ini stabilitas dari program cukup bagus dan semua keinginan dapat tercapai,,,wah senangnya. Selamat mencoba juga.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *