Asus Eee PC

Asus Eee PC 

Setelah berburu laptop ini sekitar sebulan, akhirnya saya dapatkan juga laptop ini dengan perantara teman di Singapura. Lebih jauh bisa ke (http://wiki.eeeuser.com/eee_pc_701)

Eee PC

 

 

 

 

 


Mengapa begitu jauh membelinya? Setelah peluncuran pertamanya sekitar January di Jakarta dan disusul peluncuran besar lainnya di Bandung, saya masih tidak bisa mendapatkan Laptop ringan ini dengan harga yang sesuai, maklum sedang ‘booming’ sehingga ‘supply’ dan ‘demand’ tidak seimbang.

 

Dengan mengusung spesifikasi layar 7 inchi, CPU Celeron 900MHz, Memory 512MB yang saya upgrade menjadi 1GB, Solid State Disk (SSD) Storage sebesar 4GB, WiFi 802.11b/g dan berat kurang dari 1 kg (0.92kg), sungguh buat saya menjadi computer jinjing ideal yang selama ini sangat mahal di berikan oleh produk lain.

 

Sistim Operasi yang datang dengan laptop ini adalah varian dari Linux Xandros (dari distro Debian GNU/Linux 4.0 kernel 2.6.22). Sistim Operasi Xandros ini buat saya sangat menguntungkan karena sudah di ‘optimize’ untuk computer ini, dan aplikasi yang diberikan sungguh banyak yang bagi saya yang cukup untuk aplikasi office, multimedia dan Web.

Sistim Operasi Xandros hanya bertahan seminggu dan keinginan untuk menginstal Sistim Operasi lain seperti XP atau Mac OS X. Sayangnya sampai saat ini melihat milis dan usergroup, Mac OS X masih dilaporkan mempunyai kendala di WiFi dan Ethernet nya (http://tigeroneeepc.wikispaces.com/). Padahal OS ini yang sangat saya inginkan, rupanya perlu untuk menunggu lagi.

 

Akhirnya OS yang dipilih adalah Sistim Operasi Windows XP yang di peruntukan khusus untuk PC seperti ini. Dan dengan bantuan nLite (http://wiki.eeeuser.com/howto:nlitexp) didapatkan ISO instalasi sekitar 303MB saja.

 

Bagaimana dengan aplikasi? Dengan keterbatasan ruang SSD, maka diperlukan USB external atau USB Flash disk (yang tidak fleksible) atau memakai ruang di SD internal card. Cara terakhir ini yang saya pakai, format disk SD ini menjadi NTFS dan pakai aplikasi portable (tanpa instalasi di SSD). Saya dapatkan aplikasi yang beragam dan sesuai keinginan saya di (http://portableapps.com/suite).

Photoshop CS3 juga sudah di cobakan di PC ini juga dalam bentuk portable dan hasilnya bagi saya sangat memuaskan, baik dari segi performance dan kelengkapan add-ins.

 

Pengalaman memakainya? Sungguh perlu penyesuaian dengan mini keyboardnya, tapi dengan waktu yang relative singkat mengetik di Eee PC menjadi mudah. Screen dengan resolusi 800×480 kadang menyulitkan karena ada aplikasi yang tidak bisa menyesuaikan screen ini sehingga tak penuh ditampilkan, malah menunya tertutup di layar paling atas. Tapi lama dipakai akhirnya terbiasa juga. Wireless jalan dengan sangat baik, malah dengan kompatibilitas tinggi Cisco VPN, didapatkan akses nirkabel ini tanpa batas dengan keamanan terbaik.

 

Dengan harga yang terjangkau, portabilitas tinggi, ringan dan aplikasi yang beragam, sungguh EeePC ini sangat ideal bagi yang mempunyai mobilitas tinggi tanpa perlu berat-berat membawa laptop high end.

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *