Menimba Ilmu Tanpa Henti

Menimba Ilmu Tanpa Henti

Jum’at kemarin dikejutkan oleh surat elektronik yang dikirimkan oleh rekan yang telah menjadi warga Canada. Mungkin karena sudah cukup lama tidak berkirim surat dan tidak mengetahui perkembangan terakhir dari beliau, maka surat-menyurat elektronik ini menjadi sangat berarti buat kami.

 

Diantara pembicaraan yang patut digaris bawahi perihal pendidikan di Canada untuk anak-anak dan keinginan belajar ilmu-ilmu dasar diantaranya menjalankan SAP!

 

Wah,,,kenapa dengan ilmu SAP memang?

BatuKasur_layers

Bukan sesuatu yang baru dan penting kalau hanya membanding kan pendidikan di negera maju dengan di negeri sendiri, jadi sangat tidak relevan kalau membicarkan subyek ini. 

Yang mungkin menarik untuk di renungkan adalah bahwa seberapa panjang pengalaman dan beragamnya latar belakang ilmu, tetap saja untuk menjaga keahlian dan pengetahuan, kita dihadapkan untuk terus menerus memperbaharui ilmu dan pengetahuan tersebut. 

Nah, kasus dari rekan saya ini cukup menarik, berangkat dari keahlian konsultan dalam ekonomi dan bisnis, membawanya dalam satu lingkungan dan kesempatan berkarya di tempat-tempat yang cukup prestisius. Ilmu komputer paling tidak mempengaruhi cara kerjanya, yang dalam hal ini tentu saja relevansinya ke pekerjaan seperti pengetikan, surat elektronik dan perhitungan di komputer. Akhir-akhir ini dengan perkembangan dan kompetensi bisnis, mengharuskannya juga harus mengetahui ilmu ERP (Enterprise Resource Planning) yang dalam hal ini adalah SAP AG. 

Lo…memang kenapa dengan ilmu SAP ini? Tidak ada yang aneh sih…karena toh secara kelimuan dan proses bisnis, training sudah tentu diberikan kepada para penggunanya. Nah,,,pangkal dari kesulitan berinteraksi dengan SAP sebenarnya yang simpel-simpel saja, karena rupanya pertanyaanya bukan bisnis itu sendiri, tapi lebih kepada apa dan kenapa memilih aplikasi ini dan Interface user ke aplikasi SAP. 

Kok jadi gitu ya? Njalanin tak masalah, di depan komputer sudah biasa, tapi pertanyaannya terlalu kebelakang mempertanyakan aplikasi itu sendiri dan bentuk umum pemakaian. 

Apakah mudah untuk dijawab? Tidak juga, karena aplikasi adalah aplikasi, kembali pada kepentingan bisnis dan keinginan pengusaha terhadap sesuatu aplikasi.

Sebisanya mungkin mudah untuk di jabarkan tentang aplikasi tersebut, untuk belajar mengapa SAP,,,,yaa tidak mudah juga untuk menerangkannya.

Untunglah dengan dunia maya, kita bisa merujuk dari beberapa pendapat para ahli dibidangnya,,,dan ajak berdiskusi. Cukup mudah bukan? Diskusi disini sebenarnya bukan dari yang tahu kepada yang kurang tahu, tapi lebih menekankan untuk belajar bersama saja. 

Sebelum lupa, supaya tetap belajar, tentu saja dengan ilmu apa saja dan dari segi dan aspek apa saja,,, jangan lupa tempat dalam negeri, yaitu di : http://ilmukomputer.com/ 

Untuk Process Control;http://www.epanorama.net/links/automation.html 

Untuk Wireless dan Amatir radio; http://sandbox.bellanet.org/~onno/http://www.radioelectronicschool.net/

Bagaimana pendapat anda?

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *