Fungsi Gunung

Fungsi Gunung 

Gundukan tanah yang disebut gunung, memiliki kedudukan tersendiri dalam Al-Qur’anul Karim yang diumpamakan sebagai pasak: 

”Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? Dan gunung-gunung sebagai pasak?” (Al Qur’an, 78:6-7) 

Gunung-gunung menggenggam lempengan-lempengan kerak bumi dengan memanjang keatas dan ke bawah permukaan bumi pada titik-titik pertemuan lempengan-lempengan. Dengan cara ini, mereka (gunung-gunung) memancangkan kerak bumi dan mencegahnya dari teromabng-ambing di atas lapisan magma atau di antara lempengan-lempengannya. Perihal kuatnya cengkeraman gunung, kita dapat menyamakan gunung dengan paku yang menjadikan lembaran-lembaran kayu tetap menyatu. 

Fungsi pemancangan dari gunung dijelaskan dalam tulisan ilmiah dengan istilah ”isostasi”, yakni keseimbangan dalam kerak bumi yang terjaga oleh aliran materi bebatuan di bawah permukaan akibat tekanan gravitasi. 

Kenyataan ini tidaklah diketahui oleh siapapun di masa ketika Al Qur’an diturunkan. Hal ini baru saja terungkap sebagai hasil penemuan geologi modern. 

Sebagai Muslim, dengan atau tanpa penemuan geologi modern, tetap akan membenarkan pernyataan Allah dalam Qur’an yang mulia. Hanyasaja penemuan semacam ini akan lebih menguatkan ke imanan kita sekaligus sebagai bukti Hikmah Maha Agung dalam ciptaan Allah SWT. Ali Athwa/Hiadyatullah

Tunnel

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *