Perkembangan Hobby

Sungguh merupakan suatu kegiatan yang menyita waktu mempunyai hobby yang bisa dibilang banyak (karena lebih dari satu :-P).Hobby yang sedang digeluti sekarang ini adalah hobby photography yang menginginkan pencarian obyek landscape dan macro, ditambah keinginan untuk selalu tepat waktu mengirimkan satu buah photo ke portal photo di Flickr. Dengan demikian pagi atau malam hari disibukkan dengan memberi komentar rekan-rekan sesama photographer dan membuat balasannya. Flickr portal saya ada disini. 

Hobby kedua adalah belajar memakai microprocessor Arduino. Micropressor mungil tapi handal yang bisa dipakai untuk segala jenis otomasi, mulai dari aktifasi sensor dan mentrigger alat. Saya berencana memakai ini untuk masih berhubungan dengan hobby photography untuk mentrigger kamera untuk pemotretan cepat serta bermain dengan cipratan air atau water splash. Info Arduino ada disini. 

Hobby ketiga adalah ‘Do It Yourself’ atau hasta karya elektronik, lebih memfokuskan diri ke lampu LED berdaya besar. Sudah berhasil untuk membuat lampu penerangan ruangan tempat berkarya sehari-hari, hanya dengan LED berdaya 10W, pancaran cahaya yang diberikan sangat besar, cukup terang untuk ruangan 6x4m2. Sehingga menjadikan LED merupakan lampu pengganti dari lampu ekonomis yang dipakai saat ini. Hanya saja memang masih dirasa mahal karena harga lampu biasa sekitar 30-40 ribu rupiah, sedangkan lampu buatan sendiri ini masih berkisar 130ribu rupiah. Yang belum diketahui memang daya tahan lampu LED ini yang mengkalim sekitar 20,000 jam kerja. Ketertarikan saya tentang LED ini dari artikel pak Shaf ini. 

Semata-mata bukan pamer hobby, tapi hanya ingin mengutarakan kalau jarang masuk dan kurang mengupdate blog sendiri karena kebanyakan waktunya terpakai di hobby tersebut :-D. Mudah-mudahan saya mulai blog terbaru dengan ngoprek LED untuk penerangan kamar ini.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *