PI-Hole, Penyaring Iklan

Iklan online jika di sajikan secara baik di setiap halaman Web dan tidak terlalu menyita tempat, saya kira tidak menjadi masalah. Hanya saja iklan-iklan sekarang kadang terlalu banyak, muncul mendadak, dan kadang (maaf) sangat seronok 🙂

Akhirnya terbetik ide untuk membuat penyaring akses Internet DNS (Domain Name Service) di rumah untuk iklan-iklan sejenis ini dengan hanya memakai computer kecil Raspberry PI Zero W ini; (Saya memakai kata penyaring, beda dari asal kata mereka ‘Blocking-Ad’ karena saya melihat tidak semua iklan bisa di Block dan kemudahan manual input)

Raspberry PI Zero W

Rupanya ide bersambut, karena komunitas komputer mini ini punya ide sempurna untuk aplikasi dimaksud, mereka menyebut nya PI-Hole, saya tinggal memakai nya dan yang terpenting,,, it’s free!

Tutorial lengkap beserta video bisa di dapatkan di halaman beliau di ( https://linustechtips.com/main/topic/1094810-pi-hole-setup-tutorial/?tab=comments#comment-12814137 )

Beberapa keuntungan dari pemakaian penyaring Iklan ini setelah saya pakai sendiri untuk akses seluruh koneksi dirumah;

  • Koneksi Internet tidak terpengaruh karena memang yang disaring adalah koneksi DNS saja, alias koneksi untuk mencari nama Web ke nama mesin, misal ke www.google.com menjadi alamat mesin (216.239.38.120). Menurut pembuat aplikasinya dengan computer kecil ini bisa menghandle request DNS sejuta per second, dengan kata lain untuk rumah yang hanya 20 orang/device sudah sangat cukup.
  • Nama DNS bisa dimasukan manual alias kita bisa memasukan (maaf 🙂 ) Blacklist dan Whitelist sehingga kalau ada situs iklan yang kita tidak inginkan, kita bisa memasukan nya secara manual.
  • Ada beberapa database yang bisa di masukan otomatis, misalnya iklan-iklan You Tube yang bukan main banyak nya dan selalu berubah, walau saya lihat banyak dari iklan ini yang masih tetap ada  (gugel kok dilawan…)
  • Management control/admin yang berupa aplikasi Web yang sangat cantik dan berguna, karena semua bisa di kotrol dari situs ini, sehingga admin tidak perlu banyak masuk ke sistim operasi terlalu banyak;
One Mgt Admin site

Berikut beberapa screenshot dari web sebelum dan sesudah memakai aplikasi ini;

SpeedTestBefore
SpeedTestAfter
PopSciBefore
PopSciAfter
RepublikaAfter
ForbesAfter

Kesimpulan;

  • Bagi yang suka aplikasi senderhana, tapi sangat berguna, saya berpendapat Pi-Hole ini sangat aplikatif di pakai dirumah, untuk menyaring iklan-iklan yang terlalu banyak dan sekaligus menyaring situs2 yang kurang aman untuk anak-anak.
  • Management aplikasi dan GUI yang fungsional dan cantik, membuat tampilan dan kontrol aplikasi bisa dikerjakan dalam satu tempat saja.
  • Karena utilisasi yang rendah setelah memakai aplikasi ini di komputer Raspberry PI Zero, kita masih bisa menumpangkan beberapa aplikasi lain, jika diperlukan.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *