Global Resource

Global Resource
Cari Karyawan-karyawan yang Energik dan Bergairah 

Globalisasi, Global Resource, Corporate Guideline dan Global Employment serta Differensiasi. 

Cukup banyak sudah mendengar istilah-istilah tentang solusi ketenagakerjan di tanah air, dari yang buatan lokal maupun internasional. Sampai-sampai ulasan Bisnis dan Manajemen juga kalau bukan dari orang terkenal atau luar negeri, sepertinya kurang bersambut. 

Hari ini biasanya kurang menyimak rubrik yang dibawakan oleh Jack&Suzy WELLCH WINNING, tapi berhubung ada yang menanyakan perihal diatas dengan pertanyaan ”Apakah diferensiasi bisa menghancurkan kesetiaan karyawan?” maka tergerak juga hati ini untuk menyimak. 

Lotus

Jawaban yang diberikan sebenarnya cukup lugas dan gamblang, hanya saja karena ke gamblangnya lah terlahir pemikiran bahwa konsep ini sudah menjadi acuan di negeri ini sehingga korporasi atau perusahaan-perusahaan sudah menjadikannya sebagai rujukan. Semata-mata pengamatan selama ini di perusahaan internasional, apakah itu yang membuat perusahan Jepang berubah? 

Begini jawabannya;

Perlu dicatat, kesetiaan bukanlah sesuatu yang begitu saja terjadi. Dalam dunia yang kompetitif saat ini, Anda tidak bisa selamat dan terus berkembang tanpa kepuasan pelanggan. Bisakah karyawan yang setia mewujudkan hal itu? Tentu kadang-kadang.. 

Namun, agar pelanggan puas setiap waktu, Anda butuh karyawan dengan bakat, energi dan gairah. Anda butuh orang-orang yang tetap bekerja bukan hanya karena menguntungkan, namun karena misi Anda membuat mereka bersemangat, pekerjaannya menyenangkan dan berarti, serta kemungkinan untuk berkembang sangan menjanjikan. 

Anda butuh orang-orang yang bahagia bekerja dengan anda, namun siap angkat kaki jika situasinya tidak menjanjikan. Itulah para pemenang. 

Kami bukannya tidak setuju dengan kesetiaan pegawai. Itu tentu saja lebih baik dari keramahan atau bersikap apatis. Tapi konsep kesetiaan pegawai sebagai sebuah nilai sosial dan korporasi mesti berakhir ketika adanya persaingan asing. Diferensisasi adalah sebuah penawar. 

Diferensisasi punya kelemahan, namun ia bekerja lebih baik dari sistem lain yang kita tahu saat ini. Konsep ini membuat penegasan bahwa pegawai bisa tetap bekerja di sini jika kenerja mereka baik. 

Jika penerapan konsep ini ini membuat mereka tidak setia, biarkan mereka pergi. Anda butuh pegawai yang bekerja untuk sesuatu yang lebih dari sebuah perasaan aman, tapi juga kesempatan dan perkembangan.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *