Kebiasaan-kebiasaan Makan yang Dianjurkan (2)

Kebiasaan-kebiasaan Makan yang Dianjurkan (2)
Hiromi Shinya, MD

Konsumsilah karbohidrat Berkualitas

Karbohidrat mudah dicerna dan diserap sebagai sumber energi langsung. Karbohidrat yang berkualitas mengandung serat makanan, vitamin, dan mineral, semua unsur yang membantu metabolisme sel secara efisien, aliran darah, dan penyingkiran hasil buangan. Karbohidrat yang berkualitas paling unggul, pada saat dicerna dan diserap untuk menghasilkan energi, memproduksi air dan karbon-dioksida. karbohidrat ini tidak menghasilkan racun ataupun kotoran seperti halnya protein dan lemak yang dimetabolisme. Oleh karena metabolisme karbohidrat tidak mengotori darah dengan kotoran dan tidak memerlukan banyak pengeluaran energi untuk bisa dicerna dan diserap, karbohidrat merupakan sumber energi ideal untuk toleransi dan ketahanan aktivitas.

Beberapa Sumber Karbohidrat Kualitas Tinggi:

– Beras (merah) yang belum digiling atau beras cokelat

– Jelai yang belum digiling

– Buckwheat

– Millet

– Jagung

– Bayam biji

– Kinoa

– Roti yang terbuat dari gandum utuh

– Buckwheat jepang hitam tumbuk yang terbuat dari biji-bijian yang belum digiling

Pilihlah Lemak Makanan dengan Cermat

Lemak dikategorikan berdasarkan sumbernya – nabati atau hewani.

River as very cheap and effective transportation

 



Sumber minyak nabati di antaranya:

– zaitun

– kedelai

– jagung

– wijen

– biji rapa

– kuma-kuma (safron)

– minyak dari kulit ari beras

Sumber lemak hewani di antaranya:

– mentega

– lemak dari daging

– minyak ikan

Lebih jauh lagi, lemak dikategorikan mengandung asam lemak jenuh atau tidak jenuh. Asam lemak jenuh seperti asam stearat dan asam palmitat banyak terdapat di dalam lemak hewani. Asam lemak tak jenuh terdapat dalam minyak tanaman dalam bentuk asam linoleat, linolenat, aleat, dan alachidon. Asam linoleat dan alachidon disebut asam lemak esensial atau vitamin F, yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan karena itu harus didapat dari makanan. Lemak hewan meningkatkan akumulasi hasil buangan sehingga dapat menyebabkkan arteriosklerosis, hipertensi, dan obesitas. Makanan alami seperti nasi cokelat, biji wijen, jagung, dan kacang kedelai mengandung sekitar 30% lemak dan merupakan sumber lemak dibutuhkan yang jauh lebih baik darpada minyak hasil penyaringan. Ini karena untuk metabolisasinya tidak membebani pankreas dan hati. Terlebih lagi, minyak tanaman melarutkan hasil-hasil buangan sepertii kolesterol jahan dan mencegah arteriosklerosis dengan menjaga agar sel-sel  dan pembuluh darah berada dalam keadaan fleksibel. Minyak sayur yang dijual sebagai minyak salad telah diolah secara kimiawi dan tidak dianjurkan.

Konsumsilah Minyak Ikan

Minyak ikan baik bagi otak Anda. Tingginya kadar DHA dari minyak ikan di dalam darah telah dihubungkan dengan kemampuan matematika dan kemampuan mental lainnya. Walaupun efek dari DHA pada sistem otak/saraf belum dimengerti secara spesifik, diduga DHA dapat mengurangi resiko menderita demensia atau penyakit Alzheimer. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa omega 3 menurunkan trigliserida darah sehingga mengurangi terjadinya penyumbatan darah.

Kurangilah Jetergantungan pada Obat dengan Mengubah Menu Makan dan Berolahraga Selagi Mungkin

Ketergantungan pada obat, bahkan obat yang didapat dengan resep dokter, bisa berbahaya bagi kesehatan karena obat membenani hati dan ginjal. Banyak kondisi kronis seperti arthristik, encok, diabetes, dan osteoporosis dapat diatasi dengan diet dan berolahraga.

Kosumsilah Makanan Berserat Tinggi agar pembuangan Lancar dan Mencegah Penyakit yang berhubungan dengan Usia

Segala macam serat makanan terdapat dalam berbagai makanan. Serat banyak terdapat dalam makanan nabati seperti sayuran dan sayuran laut, buah-buahan polong-polongan, biji-bijian yang tidak digiling, sereal dan jamur. Sayuran laut yang dikeringkan mengandung 50-60% serat makanan dari beratnya. Asupan serat makanan dalam bentuk tablet, kapsul, ataupun cairan tidaklah dianjurkan. Suplemen-suplemen seperti ini dapat memengaruhi penyerapan nutrisi-nutrisi lain sehingga mengakibatkan penyakit.

Nutrisi Mikro Memilki Kekuatan Ajaib

Yang termasuk nutrisi mikro adalah vitamin, mineral, dan asam amino. Yang dimaksud dengan istilah 'mikro' adalah kuantitas dibutuhkannya yang hanya sedikit, dibandingkan dengan kebutuhan-kebutuhan 'makro' akan karbohidrat, protein, lemak, dan serat makanan yang sangat dibutuhkan. Nutrisi mikro sangat penting untuki menjaga keseimbangan kesehatan, mental dan emosi, serta untuk mencegah penyakit. Sejumlah tertentu bebagai nutrisi ini dibutuhkan oleh tubuh; jumlah ini disebut Asupan harian yang Dianjurkan. Asupan Harian yang Dianjurkan itu mewakili jumlah minimal yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit. Namun kebutuhan ini berbeda bagi setiap orang, bergantung pada jenis makanan dan gaya hidup orang tersebut. Bahkan jika seseorang menyantap jenis makananm yang sama dalam jumlah yang sama setiap harinya, jumlah nutrisi yang diserap dan dikeluarkan berbeda, bergantung pada keadaan fisik tubuh, mental, atau emosi pada hari itu. Menu makanan yang mengandung makanan sehat dan alami dalam proporsi yang sesuai tidak selalu menjamin cukupnya asupan vitamin, mineral, maupun asam amino.

Hiromi Shinya, MD

 

Berlanjut…

 

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *