Kebiasaan-kebiasaan Makan yang Dianjurkan (1)

Kebiasaan-kebiasaan Makan yang Dianjurkan (1)
Hiromi Shinya, MD

Kunyahlah Makanan dengan baik

Kunyahlah setiap suap makanan 30-70 kali. Mengunyah seperti ini mengeluarkan sekresi aktif air liur, yaitu enzim yang berikatan baik dengan cairan lambung, air empedu, dan membantu proses pencernaan. Mengunyah dengan hati-hati meningkatkan kadar gula darah sehingga menekan nafsu makan dan mencegah terlalu banyak makan. Mengunyah dengan baik juga membantu penyerapan makanan secara efisien, bahkan dalam jumlah yang hanya sedikit.

Makanlah Biji-bijian Utuh yang ditanam secara organik jika memungkinkan

Beras cokelat, biji-bijian utuh, dan polong-polongan sangatlah bagus dan makanan fermentasi adalah makanan yang luar biasa. Makanlah segenggam polong-polongan setiap hari. Polong-polongan mengandung lebih banyak protein daripada daging dan banyak unsur lain termasuk vitamin dan mineral serta selenium.

Gili Trawangan Golden reflection



Konsumsilah Hanya Daging Hewan yang Bersuhu Tubuh Lebih Rendah daripada Suhu tubuh Kita

Mengonsumsi hewan-hewan bersuhu tubuh tinggi seperti sapi dan ayam tidaklah baik karena lemak hewan itu akan membeku di dalam aliran darah manusia. Jauh lebih baik menyantap hewan bersuhu tubuh rendah seperti ikan karena minyak ikan berbentuk cair di dalam tubuh kita dan bahkan melancarkan aliran dalam arteri, bukan menyumbatnya.

Hindari Makan atau Minum Sebelum Tidur pada Malam Hari

Menyelesaikan makan dan minum 4-5 jam sebelum tidur pada malam hari sangatlah penting. Saat lambung kita kosong, tersedia asam keras berkadar tinggi yang membunuh bakteri Helicobacter pylori, juga bakteri-bakteri jahat lainnya, sehingga menciptakan lingkungan usus seimbang yang kondusif bagi penyembuhan diri, ketahanan dan kekebalan tubuh. Membatasi cairan dan makanan sebelum tidur juga membantu mencegah masalah aliran balik asam dan sleep apnea.

Minumlah 8-10 Gelas Air yang Baik Setiap Hari

Membentuk dan menjaga irama dan waktu minum yang baik sangatlah penting. Minumlah 2-3 gelas air setelah bangun tidur pagi hari dan 2-3 gelas air 30 menit-1 jam sebelum setiap kali makan. Penting diingat agar minum sebelum makan dan bukan saat atau setelah makan karena Anda tidak ingin mengencerkan enzim-enzim pencernaan. Jika harus mendapatkan cairan saat makan, minumlah 1/2 gelas saja. Air yang baik adalah air yang tidak mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh manusia, termasuk klorin. Air yang baik memilki cluster-cluster kecil air dan mengandung keseimbangan mineral, seperti kalsium, magnesium, natrium, kalium, dan zat besi, yang sesuai. Kadar pH-nya harus di atas 7,5 atau sedikit basa. Air tersebut tidak boleh mengandung kalsium teroksidasi dalam jumlah yang besar. Pendeknya, air yang baik harus mampu menyingkirkan radikal bebas dengan cara anti-oksidasi.

Hiromi Shinya, MD

Berlanjut…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *