Micro Fuel Cell

Micro Fuel Cell

 

Dulu kalau mendengar fuel cell sepertinya ada mobil atau motor dengan tenaga baterai atau ber bahan bakar kimia atau biologi. Sekarang ini dengan makin meningkatnya teknologi ber ’nano’ ria, di pacu dengan peralatan elektronik yang semakin kecil, membutuhkan energi dan ukuran yang kecil pula.

 

 

Fuel Cell

Rupanya Fuel Cell bukan hanya ada dimeja lab dan pengetesan, sekarang ini sudah menjadi kenyataan dan sebentar lagi akan bisa kita rasakan di peralatan elektronik seperti handphone, mini player, laptop dll.

 

Seperti gambar diatas, Tekion sebuah perusahaan di Amerika Utara telah berhasil mengintegrasikan teknology micro fuel cell yang terdepan yang disebut ’Formira Power Pack’. Produk yang akan dapat dipakai ke setiap produk bergerak yang dapat memberikan waktu penggunanya berapapun lamanya pemakaian yang diinginkan. 

Yang pertama mengadopsi dan memberikan kerjasamanya adalah Motorola untuk produk elektronik bergeraknya dan portablenya. Seperti note yang diberikan Motorola; ”Dengan teknology maju tak-terbakar Tekion Formira Fuell Cell, digabungkan dengan teknologi baterai yang maju seperti lithium ion, merupakan solusi yang praktis dan efisien. Teknologi Tekion akan membuat visi Motorola kedepan dan membawa pengguna wireless leluasa bergerak”. 

Untuk lengkapnya sila ke;
http://www.gizmag.com/go/4828/ 

Untuk mengenal lebih jauh Sel bahan bakar sila ke;
http://id.wikipedia.org/wiki/Sel_bahan_bakar

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *