Ke Beijing, China

Pertama kali ke Beijing, China dan berikut oleh-oleh pengamatan singkat selama 4 malam;

·         Berpenduduk sekitar 14 juta jiwa dengan luas tanah 6,430 km2.

·         Walaupun diluar kota, gedung, jalan dan apartemen bisa dibilang sangat baik teratur dengan fasilitas dan kualitas yang baik.

·         Lalu lintas pada jam sibuk bisa dibilang sangat parah, lebih baik naik kereta bawah tanah atau kalau dekat, jalan kaki (tergantung musim kali yaa..)

·         Susah untuk memprediksi cuaca cerah di Beijing pada musim Spring/Summer, selalu ada partikel debu yang menutup kota. Pengamatan dan informasi yang didapat karena Beijing menggunakan batu bara untuk listrik mereka.

·         Hampir semua gedung perkantoran, apartemen dan fasilitas umum dibangun dan dimiliki oleh pemerintahan dan dikerjakan dengan prinsip maraton siang malam.

·         Lisensi untuk apapun lebih banyak dipegang oleh pemerintahan, tidak atau belum ada di pihak swasta.

·         Siap-siap untuk mempunyai perbendaharaan kata-kata China kalau pergi ke Beijing. Mau beli sesuatu, naik taksi atau kembali ke hotel harus dipersiapkan kata-kata atau mengingatnya. Lurus, belok kiri, belok kanan, stop, harganya berapa dan tentu saja mimik dan jari 🙂 sudah harus disiapkan. Jangan lupa membawa kartu hotel sehingga kalau kita naek kendaraan (taksi) atau menanyakan ke seseorang dapet lebih mudah dikarenakan terdapat huruf china dan latinnya.

·         Berbelanja perlu extra tawar menawar, kalau kita tidak bisa berbahasa sana, lebih baik menawar dengan setengah harga! Cari di mall? Harga memang fix, tapi dijamin mahal. Yang enak,,bawa temen atau yang tahu bahasa sana, pasti berbeda harga.

·         Pastikan selalu membawa city map yang dual bahasa, atau kalau punya handphone ber GPS akan sangat menolong kalau kita suka jalan-jalan dan ingin kembali.

·         Mau city tour? Banyak disana, sayang semuanya kalau tidak terlalu besar areanya pastinya terlalu jauh, jadi pastikan kita dapatkan tour yang cukup waktu dan kepastian tempat-tempat yang dikunjungi. Kalau tanpa tour, pastikan kita sudah masuk 2 jam sebelum waktu tutup, karena mereka tidak memperbolehkan lagi masuk ke area yang dikunjungi.

·         Pastinya kalau sudah di Beijing sempatkan untuk melihat Great Wall, baik dari Badaling atau Mutianyu, mau sepi dari keramaian? Simatai tempatnya. Setelah itu kalau bisa ke Forbidden City dan Tiananmen Square. Saya sendiri sampai tidak sempat ke Tiananmen Sq, hanya dari jauh saja, kurang waktu untuk mencover seluruh area Forbidden City. Tempat lain? Sangat banyak yang perlu dikunjungi tapi bagi saya yang cuma beberapa hari dan bukan liburan, itu sudah cukup.

·         Ke Beijing dengan suhu sekitar sama dengan Indonesia? Datang dibulan awal May,,,masih sejuk, setelah itu panas menyengat, sebelum itu pastinya kita ingin melihat salju dan hawa dingin.

Mudah-mudahan berguna…

Great Wall - Badaling Section

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *